Monday, March 18, 2013

Hasil KLB PSSI 2013

KLB PSSI di Hotel BorobudurPenyatuan liga merupakan salah satu agenda dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2013, di Hotel Borobudur, Jakarta, kemaren hari. Dan seusai KLB kali ini, telah diputuskan bahwa PT Liga Indonesia ditunjuk sebagai pengelola kompetisi tertinggi musim depan, yang merupakan hasil dari unifikasi liga.

Menurut CEO PT Liga Indonesia Djoko Driyono, peserta untuk kasta tertinggi kompetisi Indonesia terdiri dari 22 klub. 18 klub di antaranya berasal dari Indonesian Super League (ISL), dan empat di antaranya berasal dari Indonesian Premier League.

Hasil KLB PSSI 2013 juga memutuskan, musim ini kompetisi Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL) akan berjalan masing-masing terlebih dahulu. Baru unifikasi liga dilaksanakan mulai musim depan.

"Musim ini IPL dan ISL diputuskan untuk berjalan sendiri-sendiri dulu. Baru pada musim depan, akan dijadikan satu kompetisi sesuai hasil KLB hari ini," terang Djoko Driyono kepada wartawan seusai KLB PSSI 2013 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (17/3/2013).

"Untuk ISL, tetap ada promosi dan degradasi pada musim ini. Jadi, tiga klub yang degradasi nanti, akan diganti tiga klub promosi dari Divisi Utama ISL. Jadi, jumlah musim depan ISL 18 klub, kemudian ditambah empat klub dari IPL," jelasnya.

Selain penyatuan liga, KLB juga memutuskan bahwa La Nyalla Mattalitti diangkat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Adapun KPSI yang pernah dipimpinnya sudah dibubarkan sesuai kesepakatan peserta KLB.

Pengangkatan La Nyalla itu, seperti yang disampaikan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin, dilakukan setelah dirinya didesak oleh peserta voters saat KLB berlangsung pada Minggu (17/3) di Hotel Borobudur, Jakarta.

"Saya ddidesak oleh lebih dari 50% peserta voters KLB. Mayoritas mengusulkan nama itu (La Nyalla)," ujar Djohar.

Pengangkatan La Nyalla sebagai pendampingnya hingga usai periode kepemimpinannya ia katakan tidak menyalahi ketentuan yang diusulkan FIFA. Pasalnya pengangkatan tersebut ada di dalam revisi statuta PSSI.

"Statuta memberi wewenang kepada Ketua Umum untuk mengangkat Wakil Ketua Umum," jelasnya.

Kategori: