Monday, March 4, 2013

ISL Akan Diliburkan Untuk SEPEKAN

garuda timnasKompetisi Indonesia Super League (ISL) akan libur sepekan mulai 18 Maret hingga 26 Maret 2013. Hal ini menjadi kebijakan PT Liga Indonesia selaku operator ISL untuk menghormati adanya laga kedua kualifikasi Pra Piala Asia (PPA) 2015 melawan Arab Saudi, (23/3).

Di laga pertandingan yang akan dimainkan di Tanah Air tersebut, para pemain ISL dipastikan bakal kembali ke timnas. Penghentian liga dimaksudkan agar klub-klub tempat para pemain itu bernaung bisa melepas para pemainnya untuk bergabung di pemusatan latihan (TC) timnas.

"Ya (akan ada penyesuaian jadwal liga). Dalam preparasi (timnas) yang sangat pendek ini, kami mengantisipasi perubahan jadwal yang paling ideal. Jadi kemungkinan untuk PPA melawan Arab Saudi, ISL akan off mulai 18 Maret sampai dengan 26 Maret," ujar CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono kepada Media Indonesia, Senin (4/3).

Joko menambahkan pertandingan yang akan diubah jadwalnya bukan hanya berlaku untuk tim-tim yang mengirim pemainnya ke timnas saja, namun secara keseluruhan. Dengan kata lain, sebanyak 15 pertandingan akan berubah jadwal, termasuk Persipura kontra Persija (24/3).

Meski ISL baru akan disetop secara keseluruhan pada 18-24 Maret mendatang, jadwal sudah akan berubah sejak 7 Maret ini. Tanggal itu merupakan hari pertama seleksi pemain timnas, namun kompensasi penundaan jadwal untuk 7-17 Maret hanya akan diberikan untuk tim-tim yang pemainnya dipinjam timnas.

"Kami diminta Badan Tim Nasional, agar pemain ISL masuk TC sejak 7 Maret. Oleh karena itu, kami akan melakukan penyesuaian dengan tetap mempertimbangka­­­n jadwal existing. Bisa jadi 7-17 Maret ada rescheduling, tetapi tdk untuk keseluruhan jadwal," imbuh Joko.

Mengenai sosialisasi perubahan jadwal kepada klub-klub ini, PT LI menyatakan tidak ada masalah. Untuk mekanisme perubahan jadwalnya, mereka menyediakan dua opsi, yaitu disisipkan di jadwal yang sudah ada atau semua jadwal yang ada jadi mengalami pergeseran.

"Sekarang kita sedang melakukan simulasi, Insya Allah akhir pekan ini (jadwal yang baru) selesai," tutup Joko.

Pernyataan Joko Driyono senada dengan ucapan Komisaris PT LI Harbiansyah Hanafiah. Langkah untuk menyetop sementara ISL juga bertujuan meredam keluhan klub-klub yang sebelumnya mengaku keberatan melepas pemainnya karena bakal bentrok dengan jadwal liga.

Dengan adanya kebijakan ini, ia menjamin semua pemain ISL yang dipanggil ke timnas akan datang dengan izin klub. Sebelumnya, klub-klub bersikukuh untuk tidak melepas pemainnya ke timnas karena menilai pengelolaan timnas yang dilakukan PSSI amatiran.

"Saya jamin para pemain ISL akan hadir di TC timnas karena semua klub akan melepas pemainnya," tandas bos Persisam Putra Samarinda itu.

Harbiansyah yang juga menjabat Wakil Ketua Badan Tim Nasional pun secara resmi telah melakukan pemanggilan terhadap 58 pemain untuk mengikuti seleksi tim nasional. Mereka berasal dari ISL dan Indonesian Premier League dan rencananya akan mulai seleksi pada 7 Maret mendatang.

"Kami sudah panggil 58 pemain dan mereka semua akan mulai masuk (tempat menginap) Hotel Sultan Jakarta pada 7 Maret mendatang," ujar Harbiansyah.

Sejak Minggu (3/3) pun, BTN sebetulnya sudah menggelar sesi latihan di Lapangan C Kompleks Gelora Bung Karno. Namun, baru 3 orang yang terlihat berlatih di lapangan, yaitu Mario Aibekop, Anggi, dan Husin J Rahaningmas.

Meskipun demikian, Harbiansyah menyatakan latihan resmi timnas di bawah komando pelatih Luis Manuel Blanco itu baru akan dimulai (7/3) mendatang.

Sumber: Metrotvnews

Kategori: