Wednesday, January 30, 2013

Menpora Bakal Tinjau Ulang Jalannya Kompetisi ISL

imageMenteri Pemuda dan Olahraga, bakal meninjau ulang pelaksanaan kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013.

Bahkan, dikatakan oleh Roy Suryo, jalanya kompetisi yang digagas PT. Liga Indonesia (PT LI) itu siap untuk dihentikan jika masih ada klub yang menunggak gaji pemain. Karena itu, Menpora pengganti Andi Mallarangeng tersebut akan mengevaluasi pada 06 Februari 2013 mendatang.

"ISL memang harus dievaluasi. Jika pada tanggal tersebut tunggakan gaji belum terselesaikan secara signifikan, kami akan mengambil langkah tegas. Misalnya saja, menghentikan jalannya kompetisi ISL," terang Roy Suryo.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa evaluasi tersebut mengacu pada Undang-Undang No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dalam Pasal 13 ayat 1 disebutkan, pemerintah memiliki hak untuk mengatur, membina, mengembangkan, melaksanakan, dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan secara nasional.

"Dalam arti lain, menghentikan kegiatan cabang olahraga yang telah menyalahi aturan," terang Roy Suryo.

Terkait masih adanya penunggakan gaji pemain, Roy Suryo mendapatkan informasi dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Dikatakannya, hanya ada enam klub ISL yang tidak bermasalah dengan gaji pemain.

"Artinya, lebih banyak klub yang tidak memenuhi kewajibannya dari pada yang menjalankannya," tukas Menpora.

Enam klub yang telah membereskan masalah gaji pemain tersebut antara lain adalah Persib Bandung, Persegres, Persiram Raja Ampat, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, dan Persipura Jayapura.

Kategori: