Monday, February 18, 2013

Kedua Kubu PSSI Sepakat Gelar Kongres 17 Maret 2013

menpora roy suryoPersatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) versi Djohar Arifin Husin dan PSSI KLB Ancol pimpinan La Nyalla Mattalitti sepakat untuk menggelar kongres bersama pada 17 Maret 2013. Kedua kubu menunjukkan komitmen dengan menekan nota kesepahaman (Mou).

Kesepakatan itu muncul setelah pertemuan kedua belah pihak yang diprakarsai Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Rita Subowo, di gedung Kemenpora pada Senin malam, 18 Februari 2013.

Roy menetapkan tanggal tersebut karena Komite Eksekutif FIFA akan menggelar rapat pada 20 Maret 2013. Rapat itu turut membahas nasib Indonesia.

"Maka disepakati Kongres PSSI berlangsung Minggu, 17 Maret 2013. Ini sudah disepakati oleh kedua belah pihak," ujar Roy Suryo dalam jumpa pers usai penandatanganan MoU.

Menpora berharap agenda kongres nanti berfokus pada empat poin yang dituangkan dalam surat FIFA. Yaitu, penyatuan dualisme kompetisi, revisi Statuta PSSI, pengembalian 4 anggota Komite Eksekutif (Exco) yang dipecat Komite Etik PSSI, dan penyelenggaraan Kongres PSSI dengan menggunakan voters sesuai voters Kongres Luar Biasa (KLB) 9 Juli 2011 di Solo.

Terkait teknis penyelenggaraan kongres itu, Roy berencana membentuk tim kecil yang dihuni perwakilan PSSI, KOI, dan pihak terkait. Tim itu ditargetkan sudah terbentuk pada Rabu, 20 Februari 2013. "Tim itu juga bertugas memverifikasi data voters yang akan kami minta langsung ke AFC dan FIFA," ujar Roy.

Kategori: