Monday, March 11, 2013

Headcoach RD: Fisik Pemain yang Jarang Turun Harus diberi Porsi Lebih

imagePengetatan jadwal latihan nampak jadi agenda utama tim pelatih Arema Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Terlihat, dalam latihan kemarin (11/3) di Stadion Gajayana, headcoach Rahmad Darmawan (RD) memprogram latihan dari sekitar jam 8 pagi hingga berakhir sekitar pukul 11 siang.

Materi latihan tim berjuluk Singo Edan itu berkisar soal pengembalian kondisi fisik dari Muhammad Ridhuan dkk. Namun, berbeda dengan sesi latihan sehari sebelumnya yang menjejalkan materi high intensity endurance training, pagi kemarin pemain menerima latihan specific endurance training.

“Yang lalu kita sudah kompleks training endurance dengan intensitas tinggi. Tadi (kemarin.Red), kita mengasah kondisi fisik pemain dengan specific endurance training,” ujar RD kepada Malang Post, usai memimpin sesi latihan kemarin.

Para legiun asing seperti Alberto Goncalves, Keith Kayamba Gumbs, Muhammad Ridhuan hingga Thierry Gathuessi melahap materi dengan baik. Begitu juga para pemain naturalisasi seperti Victor Igbonefo, Gregory Junior Nwokolo hingga Christian “El Loco” Gonzales.

Tapi, latihan endurance tim Arema Indonesia itu sebenarnya juga ditujukan bagi para pemain yang jarang turun bertanding. Gilang Ginarsa, Yericho Christiantoko, Johan Ahmad Farizi, Engelberd Sani sampai Reza Mustofa melahap materi penguatan kondisi fisik.

“Kondisi fisik pemain yang jarang turun harus diberi porsi lebih, agar tetap selalu siap andai dibutuhkan tim,” tegas RD.

Usai memberi latihan endurance, agenda latihan jam 9 pagi ini (12/3) di Stadion Gajayana mulai beranjak pada materi teknik dan taktik. Asisten pelatih Arema, Satia Bagdja Ijatna membenarkan, selesai latihan fisik, Arema akan memasuki fase asah strategi dan formasi hadapi Persib Bandung. ”Mungkin baru besok (hari ini) kita lihat formasi,” tutup Satia

Kategori: