Tuesday, January 28, 2014

Daftar Peserta ISL 2014

ISL 2014Apa kabar, sobat? Maaf lama tidak update berita Arema ataupun ISL. Pagi ini blog kembali update dan tetap semangat menyongsong kemenangan.

PT Liga Indonesia (Liga) merilis pembagian wilayah kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2014. Liga menyatakan, proses pembagian wilayah sendiri diukur dari berbagai aspek agar kualitas kompetisi berjalan sengit.

"Kami sudah melakukan beberapa pertimbangan dalam melakukan proses pembagian wilayah ini. Tadi kami selesai rapat dan kami memberlakukan berbagai aspek, sampai akhirnya menetapkan 11 klub di wilayah timur dan 11 klub yang akan berlaga di wilayah barat," ungkap CEO Liga, Joko Driyono di kantor PSSI, Jakarta, kemarin.

"Beberapa aspek yang kami maksud untuk menentukan pembagian wilayah barat dan juga wilayah timur, seperti aspek geografis untuk menentukan level kompetisi dalam satu grup. Adapun aspek lain seperti efisiensi pembiayaan," lanjut Jodri, sapaan akrab Joko Driyono.

Lebih lanjut, Joko juga menyampaikan adanya metode untuk mengukur skor dari masing-masing wilayah. Dengan metode kualitatif yang dijelakan pria yang juga menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI tersebut, jika di wilayah barat jumlah skor akhir akan mencapai 84 poin. Sementara di wilayah timur dengan jumlah 87 angka.

Melihat hitung-hitungan tersebut, di yakini jika kompetisi di masing-masing wilayah akan berjalan berimbang. Tidak hanya mengukur beberapa pertimbangan agar kompetisi tetap terjaga kualitasnya, pembagian wilayah juga juga melihat pertimbangan penggunaan home base. Seperti Persiram Raja Ampat, yang akhirnya berlaga di wilayah timur, bukan barat.

"Ada juga pertimbangan dari kandang yang digunakan dalam penentuan wilayah timur atau juga barat. Contohnya adalah, kenapa Persiba Bantul main di Timur. Itu karena Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta, juga digunakan oleh Persiram Raja Ampat sebagai kandang," papar pria berkacamata tersebut.

Soal adanya anggapan pembagian wilayah juga dihitung dari rivalitas antar klub, Joko membantah hal itu. Perbedaan wilayah antara Persebaya dengan Arema Cronus, dinilai sebagai adanya penilaian tersebut. Akan tetapi, Liga membantahnya dengan menempatkan Persija Jakarta dan Persib Bandung dalam satu wilayah.

Seperti Persebaya dan Arema, rivalitas tim Macan Kemayoran, julukan Persija, kontra Persib ditingkat suporter juga tidak kalah sengitnya. Malah di musim kompetisi lalu, laga kedua tim sempat tertunda saat Persija harus menjamu Persib. Kasus ini menjadi besar, setelah pembatalan tersebut terjadi setelah bus pemain Maung Bandung, julukan Persib, dilempari oleh beberapa oknum belum dikenal.

"Tidak ada sama sekali kami mempertimbangkan hal itu (rivalitas suporter) dalam pembagian wilayah. Arema dan Persebaya bisa saja bertemu di babak delapan besar, jika keduanya sama-sama lolos. Protes untuk pembagian grup boleh dilayangkan, tapi tidak bisa mengubah keputusan," tutup Joko.

Nah, berikut Pembagian Wilayah ISL Musim 2014 :

Wilayah Barat :

  1. Arema Cronus
  2. Gresik United
  3. Persija Jakarta
  4. Semen Padang
  5. Sriwijaya FC (SFC)
  6. Persita Tangerang
  7. Persik Kediri
  8. Persijap Jepara
  9. Persib Bandung
  10. Pelita Bandung Raya (PBR)
  11. Barito Putera

Wilayah Timur :

  1. Persipura Jayapura
  2. Perseru Serui
  3. Mitra Kukar
  4. Persisam Samarinda
  5. PSM Makassar
  6. Persiram Raja Ampat
  7. Persiba Bantul
  8. Persela Lamongan
  9. Persepam Madura United
  10. Persebaya Surabaya
  11. Persiba Balikpapan

Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air ini sia dimulai pada 1 Februari mendatang.

Kategori: