Thursday, January 17, 2013

Lawan Barito, RD Mewaspadai Yongki Ariwibowo

yongki-aribowoPelatih Arema, Rahmad Darmawan, mengaku sangat mewaspadai penyerang Barito Putra, Yongki Ariwibowo, saat kedua tim bertemu di Stadion Indrasari, Martapura (20/1/2013) mendatang. Menurut pelatih yang biasa disapa RD ini, mantan striker Arema ini memiliki kecepatan dan dribbling mumpuni yang dapat membahayakan lini pertahanannya.

“Tipikal mereka bermain cepat. Ada (Djibril) Coulibaly, Dedy (Hartono), dan yang saya waspadai terutama adalah Yongki (Ariwibowo),” kata RD usai awai latihan di Stadion Gajayana, Kamis (17/1/2013).

RD menerangkan, karakter Yongki mirip seperti penyerang Arema, Qischil Gandrum. Kecepatan, dribling, dan pergerakan pemain 23 tahun asal Tulungagung ini bisa mengobrak-abrik barisan tembok Arema ISL.

"Tidak bisa lengah sedikitpun untuk mengawal pemain berkarakter seperti ini. Thierry (Gathuessi) harus tetap fokus," sambungnya.

Untuk menutup pergerakan Yongki, Coach RD akan memanfaatkan gelandang bertahan yang kemungkinan besar menjadi tugas Gede Sukadana. "Selain marking dari bek, saya juga akan mewaspadai kecepatan striker-striker Barito dari gelandang bertahan. Saya belum tentukan siapan nanti yang akan saya plotkan untuk itu,” ujar mantan pelatih Timnas ini.

Untuk Arema sendiri, RD menyiapkan taktik serangan balik cepat. Dalam sesi latihan , Kayamba Gumbs dan kawan-kawan berlatih umpan-umpan long pass dan sprint. Terutama tiga striker utama Arema (Beto Goncalves, Christian Gonzales, dan Sunarto) diberi sesi khusus untuk melatih finishing. “Finishing anak-anak masih sedikit kurang. Dan saya sempurnakan hari ini agar mereka tidak menyia-nyiakan peluang nanti di Kalimantan,” ujarnya.

Kategori: